Articles

Find Our Latest News

Ayo! Ajak Anak Mengenal Kasih Sayang Sejak Dini

Mengajarkan kasih sayang kepada anak tidak dapat dilakukan tanpa rasa kasih sayang itu sendiri. Peran orang tua dalam memperkenalkan kasih sayang kepada anak sangatlah penting, karena kasih sayang tidak tumbuh dengan sendirinya, tetapi harus diusahakan dan dipelajari. Oleh karena itu, anak-anak harus diajari untuk mengenal kasih sayang sejak dini.

Setiap orang tua tentunya akan merasa bahagia jika sang buah hati memiliki sikap yang baik, penuh kasih sayang, dan mampu menghargai orang lain. Kuncinya ada pada Anda sebagai orang tua.

Dalam masa pertumbuhannya, anak akan lebih banyak belajar langsung dari orang tuanya. Oleh karena itu, orang tua harus memberikan contoh yang baik dari perilaku sehari-hari.

Hal pertama  yang harus dilakukan adalah menghindari pertengkaran dan menjaga hubungan yang harmonis. Pada fase ini, anak akan bertumbuh dengan mengenal cinta dan kondisi harmonis serta damai.

Kedua, cobalah untuk tidak membandingkan anak Anda dengan orang lain atau pun sebaliknya. Cara ini berguna agar si kecil belajar untuk menghargai diri sendiri dan orang lain. Hal ini penting agar si kecil nantinya bisa tumbuh dengan sifat rendah hati.

Ketiga, mengajak anak dalam setiap kegiatan yang bersifat afektif, misalnya berbagi dan menolong orang lain. Anda mungkin bisa ikut serta dalam kegiatan sosial dan mengajak si kecil bergabung di dalamnya. Dari sini, si kecil terbiasa dan mulai mengenal kegiatan tentang berbagi dan menolong sesama. Hal ini juga diharapkan mampu memberikan pemahaman bahwa semua orang itu sama dan harus dibantu jika membutuhkan bantuan.

Keempat, Anda harus menyediakan waktu untuk melakukan kegiatan bersama, seperti bermain, menonton, dan membaca. Anda juga harus meluangkan waktu untuk menyortir bacaan dan tayangan televisi yang memperlihatkan unsur kekerasan dan penindasan.

Terakhir, perkenalkan atau ajarilah tentang sifat saling memaafkan. Caranya, saat melakukan kesalahan selalu ajari untuk meminta maaf dan sebaliknya, jika Anda salah, meminta maaflah. Selain itu, dekatkan si kecil kepada nilai spiritual (agama), dengan menekankan pada nilai kemanusiaan, bukan dengan fanatisme.

Dengan demikian, anak jadi dapat memahami dan mengimplementasikan kasih sayang di dalam kehidupannya. Hal ini juga bermanfaat untuk mempererat hubungan antara Anda dengan sang buah hati.

Share This Post