Articles

Find Our Latest News

Intip Perbedaan Realme 3 Pro dan Samsung Galaxy A50

Saat ini pertarungan smartphone kelas menengah sedang diramaikan oleh dua brand terkenal, yakni Realme 3 Pro dan Samsung Galaxy A50. Kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan performa yang tangguh serta dibekali berbagai fitur menarik. Namun, manakah yang lebih unggul? Samsung Galaxy A50 atau Realme 3 Pro? Yuk simak pembahasannya berikut ini.

Desain dan Warna
Galaxy A50 dan Realme 3 Pro sama-sama hadir dengan desain terkini yang terbuat dari bahan plastik polycarbonate. Dari segi warna, Realme 3 Pro memilliki desain dengan gradasi warna yang menarik, yaitu lighting purple dan nitro blue. Lain halnya dengan Galaxy A50 yang cenderung menggunakan warna yang lebih polos seperti putih, hitam, dan biru. Namun, dari segi desain Galaxy A50 mempunyai desain yang sedikit lebih elegan dibandingkan Realme 3 Pro.

Layar
Kedua smartphone ini sama-sama mempunyai layar yang luas dengan notch kecil berbentuk Dewdrop. Galaxy A50 memiliki ukuran layar yang lebih besar, yakni 6.4 inci. Sementara, Realme 3 Pro hanya memiliki layar berukuran 6.3 inci, keduanya juga sama-sama mempunyai resolusi layar FullHD+ (2340 x 1080 pixel). Namun untuk Realme 3 Pro masih menggunakan panel IPS LCD dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3, sedangkan Galaxy A50 sudah menggunakan teknologi Super AMOLED dan Corning Gorilla Glass 5 sehingga tingkat kecerahan dan perlindungannya jauh lebih baik.

Kamera
Galaxy A50 dibekali tiga kamera belakang sekaligus, yang terdiri dari lensa utama 25 MP, lensa sekunder 5 MP, dan lensa ultrawide 8 MP. Galaxy A50 juga dilengkapi dengan kamera depan yang beresolusi 25 MP. Sementara itu, Realme 3 Pro dibekali dengan dua kamera belakang yang mempunyai kombinasi lensa utama 16 MP dengan sensor IMX519 dan lensa sekunder 5 MP. Smartphone ini juga sudah membawa kamera depan yang beresolusi 25 MP. Dengan menyematkan fitur Chroma Boost, kamera Realme 3 Pro dinilai lebih unggul karena memiliki kontras warna yang lebih optimal. Tak hanya itu, Realme 3 Pro juga sudah dilengkapi dengan mode super nightscape yang memungkinkan kita untuk mengambil gambar berkualitas pada malam hari.

Performa
Dari segi performa, Realme 3 Pro menggunakan chipset Snapdragon 710 octa core 2.2 GHz. Sementara, Samsung Galaxy A50 sudah dipersenjatai dengan chipset andalannya, yakni Exynos 9610 octa core 2.3 GHz. Kedua chipset ini sama-sama mempunyai performa yang bertenaga dan cukup hemat baterai berkat fabrikasi 10 nm. Untuk RAM, keduanya sama-sama mempunyai 2 kapasitas, yakni RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 64 Gb dan RAM 6 GB dengan penyimpanan internal 128 GB. Berdasarkan Antutu Benchmark, Realme 3 Pro 6GB mempunyai performa yang lebih bertenaga dengan nilai 157.614 dibandingkan dengan Samsung Galaxy A50 yang hanya mendapatkan nilai 143.480.

Baterai
Untuk baterai, Realme 3 Pro membawa kapasitas daya yang lebih besar, yakni 4.045 mAh yang sudah di dukung oleh fitur Screen Battery Optimization serta teknologi pengisian daya VOOC 3.0 dengan kecepatan pengisian daya 20 watt. Sedangkan, Galaxy A50 telah dibekali kapasitas daya sebesar 4.000 mAh dan fitur fast charging 15 watt. Keduanya mampu mengisi daya hingga penuh dalam kurun waktu kurang dari dua jam saja.

Harga
Realme 3 Pro dijual dengan harga Rp 2,9 jutaan untuk varian RAM 4 GB, dan harga Rp 3,6 jutaan untuk varian RAM 6 GB. Sementara Galaxy A50 dijual dengan harga Rp 4,1 jutaan untuk varian RAM 4 GB, lalu untuk varian RAM 6GB dijual dengan harga Rp 4,9 jutaan. Setelah dibandingkan, kedua smartphone ini memiliki berbagai kelebihannya masing-masing. Jika mempunyai uang lebih, Anda dapat membeli Samsung Galaxy A50. Namun, apabila budget Anda terbatas tetapi tetap ingin mempunyai smartphone berspesifikasi mewah, maka Realme 3 Pro menjadi pilihan yang tepat.

Kedua varian smartphone ini sudah bisa kamu dapatkan di Erafone, lantai dasar-Summarecon Mall Serpong ya. Sudah memutuskan pilihan Anda, SMSLovers?

Share This Post