Articles

Find Our Latest News

Persija Jakarta Juara Liga 1 Indonesia, Akhiri Dahaga 17 Tahun

Untuk pertama kalinya sejak 2001, Persija Jakarta akhirnya mampu menjuarai kompetisi sepakbola Indonesia Liga 1 setelah dalam pertandingan terakhir Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 2-1.

Pada pertandingan terakhir Liga 1 menghadapi Mitra Kukar, sekitar 68 ribu penonton yang sebagian besar pendukung Persija hadir memberikan dukungan untuk tim kebanggaan mereka. Hanya kemenangan atas Mitra Kukar yang bisa memastikan Persija Jakarta menjadi juara Liga 1. Sorak sorai dukungan terus diberikan pada sebelas pemain Persija Jakarta dan akhirnya, pasukan arahan Stefano Cugurra tersebut dapat menyudahi perlawanan MitraKukar.

Dengan kemenangan tersebut, Persija mengumpulkan 62 poin, unggul atas pesaing mereka di posisi kedua PSM Makassar dengan 61 poin. Sontak, Gelora Bung Karno bergetar dengan gemuruh Jakmania yang merayakan gelar juara Liga Indonesia kedua yang diraih Persija Jakarta. Gelar juara ini menjadi catatan manis bagi Persija Jakarta, karena terakhir kali mereka mendapatkan gelar serupa adalah tahun 2001.

Perjalanan Persija Jakarta menuju tangga juara Liga 1 mendapatkan perlawanan sengit dari PSM Makassar. Penentuan juara Liga 1 bahkan harus ditentukan hingga pertandingan terakhir, namun konsistensi performa dari Persija dan penampilan gemilang striker asal Kroasia, Marko Simic menjadi faktor kunci juara Persija Jakarta.

Selain penampilan gemilang Marko Simic selama satu musim, keberhasilan Persija juga tak lepas dari solidnya penjaga gawang Andritany dan para pemain belakang, Maman Abdurahman, Jemerson dan Rezaldy Hehanusa dalam menjaga lini pertahanan Persija. Dari 34 pertandingan, Persija kebobolan sebanyak 36 gol. Angka ini menjadikan Persija sebagai tim yang paling sedikit kebobolan di Liga 1.

Peran Rohit Chand, Sandi Sute dan Novri Setiawan di lini tengah memberikan kontribusi bola pada Marko Simic pun sangat instrumental bagi gemilangnya penampilan Marko Simic musim dalam perjalanan Persija Jakarta mengarungi musim ini. Penantian panjang The Jakmania akan gelar juara kompetisi tertinggi di Indonesia akhirnya terjawab, setelah 17 tahun menunggu.

Share This Post