Articles

Find Our Latest News

Wisata Seru dan Mendidik Bagi Si Kecil

Menyenangkan rasanya melihat si kecil dapat bermain di luar rumah, mencoba berbagai wahana edukasi serta bertemu dengan kawan sebayanya. Tak perlu jauh-jauh membawanya wisata hingga ke luar negeri, taman-taman wisata ini juga dapat menjadi inspirasi destinasi edutainment Anda selanjutnya bersama sang buah hati diakhir pekan. Tak hanya sekedar jalan-jalan untuk refreshing tetapi juga sekaligus menambah wawasan!

Cibubur Garden Diary, Jakarta
Ingin memperlihatkan anak bagaimana proses susu sapi yang biasa diminumnya? Anda dapat mengajaknya ke tempat wisata ini. Terletak di kawasan Pondok Ranggon, Cibugary memiliki konsep peternakan. Di sana, anak Anda dapat melihat bagaimana proses cara pemerahan susu sapi dan dapat terlibat di dalamnya serta cara memberi makan sapi. Mereka juga akan diberikan pengetahuan bagaimana membudidayakan sapi sehingga susunya dapat selalu dikonsumsi dan bermanfaat bagi tubuh mereka. Setelah menilik proses pemerahannya, Anda juga berkesempatan untuk membawa pulang paket yang terdiri atas susu pasteurisasi, yogurt, dan goodybag disesuaikan dengan paket yang Anda pilih. Sebelum pulang, Anda dan si kecil dapat menyantap hidangan maupun susu segar di saung-saung yang telah tersedia. Untuk mengunjungi wahana ini, biaya yang dikenakan sebesar Rp 50.000,- hingga Rp 100.000,-

Kampung Horta, Bogor
Tidak hanya dengan kebun raya serta kuliner yang menggugah selera, kota hujan ini juga memiliki berbagai lokasi wisata edukasi alam yang menarik, seperti Kampung Horta di Desa Ciomas Rahayu, Bogor. Konsep yang diusung ialah persawahan. Di sana, Anda dapat mengajak anak-anak Anda untuk meninggalkan sejenak kesibukkan di kota dan melakukan berbagai aktivitas di sawah seperti mengenal ekosistem sawah, mencoba untuk menanam padi, dan melakukan permainan yang mungkin pernah Anda lakukan semasa kecil Anda seperti menangkap ikan, menangkap bebek maupun lomba memindahkan belut.

Selain di sawah, kegiatan edutainment lainnya juga dapat dilakukan indoor, seperti membatik, membuat layang-layang, membuat kerajinan dari tanah liat, mendaur ulang kertas maupun mencangkok tanaman. Anak-anak diajak untuk dapat meningkatkan keterampilan dan menambah wawasan mereka terhadap berbagai hal sehingga tidak hanya terpaku pada games ataugadget mereka saja. Sembari anak Anda bermain, Anda juga dapat ikut terlibat dalam pelatihan membuat boneka khas horta dandiajarkan langsung oleh ibu-ibu setempat yang pekerjaan sampingannya merupakan pengrajin horta. Adapula pelatihan membuat terarium, membuat minuman cincau, membuat kue tradisional, menyablon, membuat telur asin, merangkai bunga kayu hingga menanam menggunakan media tanam hydrogel. Sesuai dengan semboyan mereka `Lebih Kreatif, Edukatif & Aplikatif` Anda dan keluarga Anda bukan hanya melihat demo saja tetapi juga dapat langsung mengaplikasikannya dan membawa pulang hasil karya Anda. Seru bukan?

Penangkaran Rusa Cariu, Bogor
Bagaimana rasanya berinteraksi langsung dengan para rusa dalam jarak dekat bahkan dapat memberi mereka makan langsung tanpa dibatasi pagar? Bila selama ini hanya melihat mereka dari kejauhan atau melalui kaca mobil di kebun binatang, mari ajak anak Anda ke penangkaran rusa di perbatasan Bogor-Cianjur. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 8.000,-/orang, Anda dapat bertemu dengan rusa-rusa Timor, Totol, dan Bawean yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Akan tetapi, sebelum menemui kawanan rusa tersebut, Anda dan keluarga perlu berjalan kaki serta menyebrangi sungai dengan jembatan gantung. Tidak perlu terburu-buru dan tidak perlu khawatir, jembatan gantung tersebut aman untuk dilalui. Setelah melewati jalan tersebut, Anda akan sampai pada padang rumput seluas 5 hektar tempat para rusa berkumpul. Tak hanya berfoto, anak-anak juga berkesempatan untuk memberi makan dengan kangkung, kancang panjang maupun wortel yang dijual dengan harga Rp 5.000,-/ember. Menjadi suatu pengalaman yang menarik bagi anak Anda untuk dapat langsung berinteraksi dengan rusa-rusak jinak tersebut.

Godong Ijo, Depok
Melipir sedikit ke pinggir Jakarta yaitu kota Depok, Anda dapat menjadikan Godong Ijo sebagai salah satu objek wisata pilihan Anda. Konsep yang diusung oleh wisata ini ialah hutan tengah kota dengan mengembangkan tanaman hias serta vertical garden. Lingkungannya sangat rindang. Tanamannya dibagi ke dalam beberapa zona seperti tanaman obat, tanaman pangan, tanaman rempah, tanaman industri, tanaman buah dan tanaman langka. Sekilas, nampak seperti Kebun Raya Bogor. Namun apa yang membedakan? Di kawasan ini, Anda dan anak-anak juga dapat mengunjungi green house, memancing ikan (patin, mas, lele), mendapatkan ilmu mengenai bercocok tanam, berkebun hingga membuat keramik. Tanaman tersebut juga dapat dibawa pulang. Yang paling menarik, Anda berkesempatan untuk melihat hewan-hewan langka seperti ikan Arapamia dari sungai Amazon, ikan piranha yang besar, ular phyton, iguana, serta kura-kura raksasa terbesar kedua di dunia dengan berat mencapai 350 kg dan panjang sampai dua meter. Tak hanya sekedar melihat kura-kura tersebut, Anda juga dapat memandikannya.

De Ranch, Bandung
Bandung memang tidak pernah gagal untuk menyediakan tempat wisata dengan pemandangan indah dan hawa yang sejuk. Begitu banyak kawasan wisata alam, khususnya bagi anak-anak, yang mulai bermunculan. Salah satu wisata alam yang dapat memberikan kesan tersendiri bagi anak Anda ialah kawasan De Ranch. Layaknya American Cowboy, Anak-anak dapat menunggangi kuda sembari menggunakan kostum ala cowboy. Hal ini juga dapat mengurangi rasa takut dari anak untuk berinteraksi dengan makhluk hidup lainnya. Selain menunggang kuda, Anak-anak juga dapat berpartisipasi dalam ragam aktifitas yang dapat melatih ketangkasan, kesabaran serta gerak motorik anak seperti memerah sapi, memancing di kolam, bermain balon air, hingga membuat kue khas De Ranch. Untuk mengunjungi kawasan ini, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 10.000,-/orangnya.

Share This Post

>